Sabtu, 28 November 2009

Capital Gate Lebih Miring Dari Menara Pisa

Capital Gate, sebuah gedung icon Abu Dhabi yang memiliki bentuk miring, yang panjangnya mencapai separuh jalan. Gedung unik tersebut didesain oleh arsitek internasional RMJM, dengan sudut kemiringan 18 derajat ke sudut barat, dan 14 derajat lebih miring dibandingkan Leaning Tower of Pisa. Untuk membuat kemungkinan ini, pusat inti gedung ini berlawanan dengan struktur gedung yang ada, dan ‘tumbuh’ membengkok ke atas.

http://4.bp.blogspot.com/_3yfOf_-DPVU/SQskCljICnI/AAAAAAAAATA/x65nkHlGZSM/s320/capital_gate_tower_abu_dhabi_03+(1).jpg


Gedung Capital Gate tersebut dibangun dengan lubang jala dari baja setebal 7 feet. Untuk eksoskeletonnya didukung oleh 490 tiang yang dibor ke bawah tanah sedalam 100 feet untuk mengakomodasikan gravitasi, tekanan angin dan seismik yang disebabkan oleh kemiringan gedung. Di dalam gedung terdapat sebuah atrium inetrnal gigantic atau super besar, termasuk tea lounge, dan kolam renang yang ada di ketinggian 263 feet di atas tanah.

http://plusmood.com/wp-content/uploads/2008/11/abu-dhabi-capital_gate.jpg

Baik tea lounge dan kolam renang tersebut ada di lantai 17 dan 18, setengah jalan dari ketinggian tower tersebut sebesar 525 feet, dengan jumlah 35 lantai.

http://blogs.thenational.ae/crane_country/Capital%20Gate.jpg

Gedung Capital Gate tersebut akan memiliki beberapa fungsi sekaligus seperti untuk hotel Hyatt pertama di Abu Dhabi, yang akan diberi nama Hyatt Hotel di pusat ibukota Abu Dhabi, satu rumah presidential yang mewah, hotel bintang 5, dan menyediakan 200 kamar hotel untuk tamu, dan melayani pengunjung dan exhibitor ADNEC (Abu Dhabi National Exhibitions Company), juga pelaku bisnis internasional dan traveler.

Tidak ada komentar: