Minggu, 22 April 2012

James Bond Pemburu Geng Motor

  • James Bon Pemburu Geng Motor James Bon Pemburu Geng Motor

TEMPO.CO, Jakarta- Ratusan pria cepak bersenjata pedang samurai, parang, balok, yang memburu anak-anak muda geng motor dua pekan lalu diduga kuat adalah anggota TNI. Liputan utama majalah Tempo edisi 23 April 2012 mengungkap, tentara yang ikut menyerbu geng motor sesungguhnya bukan anggota pasukan tempur. Mereka biasa disebut James Bon--tentara penjaga mes dan kebon atawa tanah kosong milik TNI. 
Untuk mengatasi itu, polisi sampai membentuk tim pengusut gabungan. Tim ini melibatkan Polda Metro Jaya serta Polisi Militer dari TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara. "Antisipasi bila ada tentara yang terlibat," kata juru bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto. "Kalau cuma sipil, kami yang akan menangani."
Sejauh ini, tim telah memeriksa lebih dari 20 saksi dan korban. Polisi Militer Angkatan Darat pun sudah memeriksa belasan prajurit. Hasilnya, tim mengetahui pola serangan dan ciri-ciri penyerang. Saat beraksi, misalnya, para penyerbu memasang pita berwarna kuning pada lengan kiri. Mereka pun bergerak rapi, berkomunikasi dengan istilah khusus, dan menyerang tiba-tiba tanpa banyak cakap.
Sejumlah ungkapan para penyerang didengar saksi dan korban. Misalnya, ada panggilan "Dan" untuk komandan. Sebelum dihajar, beberapa korban ditanyai, "Kamu Y-Gen, ya?" Ini adalah nama klub motor di Jakarta yang cukup disegani. Selain terkenal di arena balap liar, anggota klub ini kerap main tangan bila di jalan cekcok dengan pengendara lain. (Baca: Ada Letnan yang Jadi Penggerak Kelompok Penyerbu)
Diduga kelompok balap motor inilah yang menjadi pemicu serangan balasan dari geng cepak berpita kuning. Sejak awal, banyak yang menduga serangan dipicu kematian Kelasi Satu Arifin Sirih, 25 tahun. Anggota staf khusus Panglima Komando Armada Barat itu tewas dikeroyok sejumlah orang di arena balap liar Kemayoran, di Jalan Benyamin Sueb, Pademangan, Jakarta Utara.
Pengeroyokan Arifin bermula dari cekcok antara sopir truk dan pengemudi minibus, Sabtu dinihari, 31 Maret lalu. Peserta dan penonton balap liar turut marah karena kedua orang itu bertengkar di dekat garis start. Setelah dimarahi, sopir truk meminggirkan kendaraan. Tapi posisi truk masih miring dan menghalangi jalan. Hal itu kembali membuat "anak-anak motor" murka, lalu mengerubuti sang sopir.
Di saat genting itulah Arifin, yang berboncengan dengan temannya, Kelasi Satu Albert Tabra, datang melerai. Tapi kedatangan Arifin justru memanaskan situasi. Dia akhirnya digebuki hingga tewas. (Baca: Dikeroyok, Arifin Diteriaki 'Ambon Bawa Sangkur')
Polisi hingga kini belum mengumumkan hasil pengusutan tim gabungan.  Menurut sumber Tempo, ada saja yang mengganggu kerja tim. Ketika mereka menyidik lokasi kejadian, misalnya, ada aparat berseragam dan berpakaian preman yang wira-wiri. "Mereka tak mengganggu langsung, tapi kami merasa diawasi," kata seorang penyidik.
Penyelidikan terhadap Akbar dan Sugeng, dua tentara yang tertembak saat penyerbuan di Jalan Pramuka, juga belum banyak menemui hasil. Akbar, misalnya, baru sekali diinterogasi. Kepada tim, ia mengaku berada di lokasi kerusuhan ketika jalan-jalan dengan teman. Saat ditanya siapa teman itu, Akbar menjawab, "Tidak tahu." Jawaban Akbar ini, menurut seorang sumber, membuat berang polisi militer yang menginterogasinya. "Kamu bodoh atau pura-pura bodoh?"
Hingga Kamis sore pekan lalu, menurut sumber Tempo, tim gabungan belum menerima barang bukti berupa proyektil dan jelaga pada baju kedua anggota laskar. Proyektil diperlukan untuk mengetahui jenis senjata yang dipakai. Jelaga dibutuhkan untuk mengetahui jarak dan arah tembakan.

Horor Buku Pelajaran Sekolah

Liputan6.com, Jakarta: Kualitas buku pelajaran sekolah makin memprihatinkan. Ternyata sejak di sekolah dasar, anak-anak telah disuguhkan cerita dan gambar mengenai kekerasan, kawin-cerai, istri simpanan, hingga balas dendam. Di sekolah menangah atas, ajaran komunisme terselip di salah satu buku kewarganegaraan.
Cerita tentang premanisme dapat dijumpai di buku kelas satu sekolah dasar lewat cerita rakyat, Angkri Si Jagoan. Dalam buku mengajarkan premanisme yang penuh gambar berisi kekerasan mulai gambar golok, orang bertengkar, hingga wanita yang diancam senjata tajam.
Naik kelas dua, siswa belajar kisah Bang Maman dari Kali Pasir. Cerita yang berisi soal istri simpanan hingga kawin cerai. Intrik dari cerita sinetron orang dewasa telah menjadi bacaan bocah yang belum seharusnya mengetahui getir serta kerasnya hidup.
Di buku kelas tiga, kekerasan tergambar jelas melalui pembantu yang tengah disiksa majikannya, nyonya Van Der Plog. Kata-kata seperti menusuk-nusuk, membakar dengan minyak tanah disajikan secara jelas.
Naik ke kelas empat, kembali disajikan cerita tidak sehat untuk anak, Si Juragan Boing. Sang juragan naksir Julaeha, anak dari pembantunya dan berniat menjadikannya sebagai istri kedua. Seakan memberi contoh, khayalan Si Juragan tentang kecantikan Juleha juga disajikan.
Di kelas lima ada kisah Murtado Macan Kemayoran. Murtado disebut sebagai orang kejam suka menggoda dan melecehkan perempuan. Tergambar jelas bagaimana melakukan perbuatan tidak senonoh pada teman wanitanya hingga kisah tertangkap basah saat membopong wanita.
Yang lebih menyedihkan lagi dalam buku-buku itu, para siswa SD diminta bermain drama lengkap dengan menggunakan kata-kata yang tidak pantas diucapkan seorang siswa.
Perlakuan sesuai umur siswa memang menjadi penting. Namun kita lihat di buku tingkat SMA. Bukan soal umur ttetapi di buku lembar kerja siswa terselip ideologi komunis yang telah lama dilarang di Indonesia.
Setelah ramai diberitakan media, masyarakat di Sukabumi, Jawa Barat, marah dan berunjuk rasa yang sempat bentrok dengan polisi. Pihak penerbit mengakui kekeliruan dan menarik semua buku yang sempat beredar di Sukabumi.
Pengawasan tampaknya harus lebih ditingkatkan lagi tetapi orang tua sebagai benteng terakhir pendidikan anak harus lebih aktif lagi. Dengan demikian kasus horor di buku pelajaran sekolah tidak terulang lagi.

Ada Perpustakaan di Balik Jakarta

Ini bukan udang. Hanya memang, banyak perpustakaan dan tempat membaca buku yang sembunyi di balik kerasnya batu Jakarta.

Sembunyi ini bisa dilihat dari dua sisi, aktif dan pasif. Apakah karena sebuah perpustakaan membutuhkan ketenangan sehingga lebih memilih bersembunyi dari hiruk-pikuk kota, saya tidak yakin. Atau mungkin saja warga Jakarta memang tidak tertarik dengannya? Yang terakhir saya rasa lebih tepat.

Seorang teman dari Perancis bercerita bahwa di negaranya dia selalu pergi ke museum setidaknya sekali minggu, saking tak henti-hentinya ada pameran. Di Jepang, bangunan-bangunan publik yang bersifat edukatif seperti museum dan galeri malah jadi tempat jalan-jalannya keluarga, tutur bos saya yang pernah beberapa kali mampir.

Tapi di kota kita, itu pilihan kesekian. Manekin-manekin dengan berbagai setelan tren masa kini yang tersebar di kios-kios mall lebih bisa menghibur hati ketimbang patung-patung logam tak berbaju warisan masa lalu. Apalagi jika dibandingkan dengan buku-buku yang untuk dapat menikmatinya secara utuh butuh kesabaran.

Maka sebagai sebuah usaha kecil untuk mengubah masa depan paragraf di atas, saya lalu mengumpulkan data dan foto perpustakaan umum serta tempat membaca yang tersebar di Jakarta. Jadilah saya seperti mencari oase di padang gurun, dibonceng ojek langganan yang menjadi pilihan kompromistis antara biaya dan waktu tempuh.

Saya rasa saya tidak berlebihan. Perjalanan antara satu perpustakaan dan perpustakaan lain memang sangat melelahkan, mengingat dekat jauh di Jakarta bukan hanya soal jarak tapi juga kemacetan.

Belum lagi informasi simpang siur yang tersebar di dunia maya. Saya membuang waktu satu jam di Perpustakaan Nasional akibat melihat informasi di website resminya yang menyebutkan bahwa jam layanan dibuka dari jam delapan pagi, yang ternyata tidak sinkron dengan layanan pendaftaran anggota baru yang buka jam sembilan.

Dua kali cinta saya bertepuk sebelah tangan. Pertama dari Pak Satpam di Utan Kayu yang agak bingung melihat kedatangan saya dan berkata, “Perpustakaan Utan Kayu sudah tutup, Pak!” Kedua dari seorang pramusaji Di Comic Cafe, Tebet Utara Dalam, yang memberi tahu bahwa perpustakaannya sedang direnovasi.

Namun, cukup di situ keluh kesah saya. Justru satu hal yang saya pelajari selama jalansutra ini adalah jangan menilai Jakarta hanya dari sampulnya. Ternyata tidak sedikit juga perpustakaan dan tempat membaca yang sangat baik dan menyenangkan di Jakarta.

Tentu masih banyak tempat-tempat serupa yang tersembunyi di sudut-sudut kota. Oleh karena itu, saya ingin mengajak pembaca untuk mengumpulkan foto-foto tempat menarik yang berkaitan dengan buku, baik itu tempat membaca, meminjam, menyewa, atau menjual-beli buku baru dan bekas yang menarik. Kirimkan ke kotakita@yahoo-inc.com, cantumkan keterangan dan alamat jelas tempat tersebut. Akan seru apabila nantinya kita bisa membuat peta buku Jakarta.
Walaupun Jakarta tidak merayakan hari ini dengan gempita, tidak ada salahnya mengadakan selebrasi kecil dengan berkunjung ke perpustakaan. Jika tidak sempat, bacalah buku yang sudah anda beli tapi belum tersentuh. Karena cara yang paling tepat untuk merayakan hari ini adalah dengan membaca.

Jelajahi perpustakaan itu melalui galeri ini: Perpustakaan Tersembunyi Jakarta.
Selamat Hari Buku Dunia.

Tempat-tempat Sarang Kuman di Kantor

WC umum, kereta bawah tanah, dan bahkan bioskop adalah tempat berkembang biaknya kuman-kuman. Dengan minimnya ventilasi dan area kerja yang bercampur, kita dapat menambahkan kantor ke daftar tersebut. Berikut adalah lokasi-lokasi terkotor:

1. Gagang teko kopi
Ahh, bukankah segelas kopi hangat kedengarannya cocok untuk saat ini? Mungkin tidak. NBC melaporkan bahwa gagang teko kopi ternyata menyimpan banyak kuman lebih banyak dari dudukan toilet. Hal yang sama juga berlaku pada benda yang terdapat di pantry, seperti: keran air, wastafel, dan gagang kulkas.

2. Ruang rapat
Tempat berkembang biak kuman lainnya adalah ruangan rapat, menurut situs howstuffworks.com. Tidak seperti kamar mandi, yang disikat dan diberi disinfektan secara berkala, ruang rapat jarang dibersihkan dan banyak orang makan di tempat itu, berjabat tangan, dan berbagi telepon dengan rekan kerja.

3. Meja kerja
Jangan berpikir Anda aman di area kerja Anda sendiri. Seluruh area meja Anda adalah 'pabrik'-nya virus dan bakteri, yang dapat menyebabkan flu dan demam, juga protozoa dan jamur. Lokasi yang paling berkuman adalah telepon, keyboard komputer, dan juga mouse. Bahkan, menurut laporan Wall Street Journal, area meja kerja Anda mungkin 400 kali lebih berkuman dari dudukan toilet.

Jika Anda makan di depan komputer, Anda juga memberi makan 'peternakan' kuman dan jamur yang tumbuh di pojok-pojok yang dipenuhi oleh remahan bekas makan di meja kerja Anda. Mungkin, Anda jarang melap meja Anda (atau bahkan mungkin tidak pernah). Kemungkinan meja kerja Anda 100 kali lebih berkuman dari pisau dapur pada umumnya.

4. Tombol lift
Jika semua ini membuat Anda ingin berhenti bekerja dan segera menuju toko terdekat untuk membeli sekotak besar sarung tangan karet dan lusinan masker, berhati-hatilah dalam perjalanan keluar. Penelitian Journal menyebutkan bahwa kuman berkembang biak di tempat yang sering disentuh, jadi waspadalah dengan tombol lift dan pegangan di eskalator.


***


Sementara area tertentu menyimpan kuman dalam jumlah banyak, tidak mungkin untuk menghindari kontak seluruhnya karena mereka tersebar di sepanjang permukaan termasuk kulit anda. Cara yang paling efektif agar tidak jatuh sakit adalah menjaga kebersihan diri Anda sendiri. Mencuci tangan dengan benar cukup membantu Anda dan orang sekitar tetap aman.

Pusat Pengendali Penyakit (Centers for Disease Control/CDC) merekomendasi bahwa sebaiknya Anda membasuh tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada wastafel di area Anda, hal yang paling baik adalah menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol. Jika Anda sakit? Tetaplah di rumah. Anda bukan hanya membantu rekan Anda tidak ketularan.

Inilah 16 Film Baru Hollywood Segera Masuk Indonesia

  • Inilah 12 Film Baru Hollywood Segera Masuk IndonesiaInilah 12 Film Baru Hollywood Segera Masuk Indonesia
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memasuki musim panas di Amerika Serikat, dipastikan akan semakin hot dengan kehadiran sejumlah film baru yang bergenre kisah heroik, drama hingga  petualangan yang mendebarkan nyali.
Anda seorang penggila film? Saatnya dari sekarang menyusun agenda dan menentukan waktu, agar tak melewatkan aksi-aksi para bintang pujaan Anda memberikan hiburan terbaiknya.
Berikut 16 film yang akan menghiasi layar bioskop kesayangan Anda mulai pertengahan tahun 2012:
* The Dark Knight Rises
Dirilis pada 20 Juli 2012
* The Avengers
Rilis pada 4 Mei 2012
* The Dictator
Rilis 11 Mei 2012
* Dark Shadows
Rilis 11 Mei 2012
* What to Expect When You're Expecting
Rilis 11 Mei 2012
* Men in Black 3
Rilis 25 Mei 2012
* Snow White and the Huntsman
Rilis 1 Juni 2012
* Piranha 3DD
Rilis 1 Juni 2012
* Prometheus
Rilis 8 Juni
* Abraham Lincoln: Vampire Slayer
Rilis 22 Juni 2012
* Brave
Rilis 22 Juni 2012
* G.I. Joe Retaliation
Rilis 29 Juni
* The Amazing Spider-Man
Rilis 30 Juni 2012
* Total Recall
Rilis 3 Agustus 2012
* The Bourne Legacy
Rilis 3 Agustus 2012
* The Expendables 2
Rilis 17 Agustus 2012

Memberi, kunci sukses Bill Gates




Siapa yang gak kenal sama bos nya Microsoft. Dia adalah William Henry Gates atau kita mengenalnya Bill Gates. Lelaki yang dilahirkan di Seatlle, Washington, 28 Oktober, 57 tahun lalu.
Gates adalah tokoh yang hingga saat ini mengubah cara kerja orang bahkan mengubah dunia dengan inovasi-inovasinya. Dibalik sibuknya sebagai pemilik Microsoft, Gates juga rajin menulis dan seorang filantropi.
Gates adalah salah satu pengusaha yang revolusioner dalam dunia komputer pribadi. Kehebatannya sudah tidak diragukan lagi. Orang-orang sangat megaguminya karena apa yang ia lakukan. Diabalik usahanya yang super sukses dan menjadikannya manusia terkaya di dunia, ternyata Gates tidak lupa untuk berbagi.
Ia rajin menyumbangkan sebagian besar dananya untuk yayasan, organisasi dan program penelitian. Ia dan istrinya, Mellinda French membangun Bill & Melinda Gates Foundation pada 2000. Yayasan ini bertujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia.
Pada Januari 2000 Gates mundur sebagai pejabat eksekutif tertinggi di Microsoft kemudian ia masih menjabat sebagai ketua arsitek perangkat lunak. Gates malah memilih konsentrasi di yayasannya. Selanjutnya, Gates dan yayasannya semakin gencar berbagi dan menyumbang kepada dunia kesehatan dan membantu menuntaskan kemiskinan di belahan dunia.
Sikap dermawan dan filantropi nya Gates diilhami dari david Rockefeller, tokoh filantropi yang sudah dikenal baik Gates dan keluarganya. Bayangin aja, tahun 2007 Gates menyumbang sekitar 28 milyar dolar Amerika untuk amal di seluruh dunia. Wow..
Sifat mulia ini didapatkannya dari sang Ayah yang selalu memberikan buku sebagai hadiah ulang tahun Bill Gates kecil dan lingkungan yang membangun karakter Gates menjadi orang yang dermawan.
Memberi dalam arti yang sangat luas adalah memberi dengan hati yang setulus-tulusnya baik yang terkait dengan bisnis atau amal.
Gates yakin bahwa memberi kepercayaan kepada kawan sebagai aset berharga akan membuat sebuah komitmen dengan siapapun. Ia yakin dalam membangun kepercayaan dibutuhkan waktu bertahun-tahun dan hanya beberapa detik saja untuk menghancurkannya. Gates selalu memberi waktu dalam membina kepercayaan kepada orang-orang yang ia temui.
Bagi Gates, menjalankan usaha adalah bagaimana dapat memberi kontribusi dan manfaat bagi orang dengan tidak terukur, namun harus memperhatikan juga aspek bisnisnya. Gates selalu yakin dalam berbisnis bukan soal keuntungan materi semata-mata tapi berapa banyak usaha kita bisa memberi manfaat kepada orang lain.
Inilah sebabnya kenapa Gates menilai kekayaan tidak dinilai dari jumlah tabungan yang dimiliki. Katanya, kekayaan yang dimiliki tidak akan ada artinya jika tidak dapat digunakan untuk menolong dan memberikan manfaat bagi orang di sekitarnya dan manfaat bagi dunia.

Siapa bilang Gates tidak pernah mengalami kegagalan ? Gates pernah gagal dan memberi kesempatan kepada dirinya untuk meyakini kegagalan sebagai bagian proses untuk mendesain rencana-rencana yang lebih baru, lebih segar, lebih fokus dan lebih memberi manfaat.
Yang paling touchy, saat Gates memberikan ruang kepada dirinya untuk mengakui kesalahan yang ia lakukan dengan rendah hati. “Ini yang penting..” kata Gates.

Nah, memberi ternyata menjadi kata kunci suksesnya Gates dalam membangun kerajaan bisnisnya. Tidak ada salahnya kita mulai memberi lebih dalam arti yang seluas-luasnya. Seperti yang diyakini Gates, memberi bisa membuat hidup lebih bernilai dan imbalannya akan sangat dahsyat.

Kisah Sukses






Om Bob Sadino: Sukses dengan ternak Ayam

Om Bob Sadino,Pengusaha yang dilahirkan di kota Lampung pada 9 Maret 1933 memang selalu menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis lokal dan nasional. Om Bob – begitu ia disapa – adalah pengusaha yang fokus di bidang pangan dan peternakan.Om Bob memiliki jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

Meski ia dilahirkan dari keluarga berkecukupan namun ia tetap rendah hati dan memunyai keinginan keras untuk menjadi pengusaha sukses. Ia anak bungsu dari lima bersaudara dan mewarisi seluruh harta warisan keluarganya saat ia masih berusia 19 tahun. Kenapa semua harta warisannya jatuh ke tangan Om Bob ? Karena, seluruh saudara kandungnya sudah hidup mapan.
Awal menjadi pengusaha ia lakukan pada tahun 1967 setelah ia kembali dari Belanda. Modal usahanya berasal dari hasil menjual mobil Mercy kesayangannya. Uangnya ia belikan sebidang tanah di daerah Jakarta Selatan. Dengan modal ini, ia semakin membulatkan tekadnya untuk bekerja secara mandiri. “Belajar bisnis..” begitu katanya.
Anda tahu usaha apa yang pertama kali ia jalankan? Om Bob muda membuka usaha penyewaan mobil,bahkan Om Bob sendiri yang menjadi pekerja sekaligus sopirnya. Malang, mobilnya terlibat kecelakaan yang berakibat kerusakan parah pada alat produksinya itu. Karena ia harus bertahan di Jakarta dan tetap hidup, Om Bob pun menjadi tukang batu dengan upah seratus rupiah. Kondisi ekonominya membuat Om Bob depresi.Tidak tega melihat depresi yang dialami Om Bob, seorang temannya menyarankan agar ia memelihara ayam untuk mengusir depresi. Usulan sang kawan langsung disambut baik. Segeralah beberapa ayam dibeli. Saat itulah, tekad menjadi pengusaha sudah mengkristal dalam diri Om Bob. Filosofinya, “ kalau ayam bisa bertahan hidup, apalagi manusia…”
Mulailah Om Bob dan istrinya berjualan telor ayam. Tidak banyak hanya beberapa kilo saja setiap harinya. Karena bekerja keras, dalam setahun ia sudah memiliki banyak langganan. Kecakapan berbahasa inggris menarik pelanggan orang asing. Perjalanan usahanya tidak selalu mulus, sering ia dicaci pelanggan. Hujatan itu tidak membuat Om Bob dan istrinya putus asa. Mereka mengevaluasi apa yang salah dan memperbaikinya. Nilai-nilai dan keinginan untuk maju menjadikannya pemilik super market Kem Chicks. Kerja keras dan fokus membuat usahnya berkembang pesat, merambah ke agribisnis, membuka kebun sayur-mayur untuk dikonsumsi orang asing di Indonesia. Untuk menjaga suplly, Om Bob bekerjasama dengan petani di beberapa daerah.
Nilai juang yang ada dalam diri anak seorang Guru dari Solo ini adalah tidak pernah menyerah dalam kegagalan. Bagi beliau, materi bukan segala-galanya, yang nomor satu adalah kemauan, komitmen, punya nyali buat mencari peluang.Om Bob yakin saat melakukan sesuatu, pikiran seseorang berkembang dan terjadi proses pembelajaran sehingga bisa mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Om Bob tidak banyak berpikir untuk melakukan sesuatu. Menurutnya, kelemahan kita adalah terlalu banyak mikir untuk menyusun rencana.
Om Bob selalu merasa tidak tahu sehingga ia terus belajar dan terus praktek di lapangan. Jatuh bangun dalam perkembangan usahanya membuat ia justru semakin banyak belajar. Om Bob tidak sepakat jika sifat-sifat arogan muncul saat sudah memiliki ilmu lebih dari orang lain.
Kunci lain kesuksesan Om Bob adalah keluwesannya menghadapi pelanggan, tidak bosan mendengarkan keluhan dan saran pelanggan. Hal itu membuatnya mendapatkan simpati pelanggan dan mampu menciptakan pasar.Om Bob memperlakukan perusahaannya sebagai sebuah keluarga. Dimana ia dan karyawannya memunyai nilai-nilai yang sama, yaitu saling menghargai, saling menyadari fungsi dan perannya masing-masing.

Cerita Sukses Adam Khoo –Pernah ditolak enam sekolah




Banyak orang-orang sukses di dunia ini mengalami hal yang gak enak didengar atau dialami. Salah satu kisah yang bisa kita jadikan inspirasi adalah kisah pengusaha muda asal Singapura bernama Adam Khoo. Dalam usianya yang masih muda, Ia sudah punya empat usaha beromzet 20 juta dolar Amerika.
Tapi, belasan tahun sebelumnya, Adam termasuk anak malas, bodoh dan sama sekali jauh dengan yang namanya masa depan cemerlang. Bayangkan, saat masuk sekolah dasar , Adam udah benci pelajaran membaca, hobinya cuman main game dan duduk manis di depan TV sampai berjam-jam.Gak salah kalau akhirnya nilai sekolahnya banyak yang merah. Akibatnya Adam benci banget sama guru-gurunya juga terhadap sekolah yang memberikan nilai jeblok. Puncaknya, pihak sekolah mengeluarkan Adam waktu duduk di kelas 3. Bahkan, setelah lulus SD , Adam ditolak masuk SMP oleh enam sekolah. Dia diterima di sekolah menengah paling jelek.Teman-teman SMP nya secara akademis memang bodoh tapi Adam ternyata lebih bodoh. Ia hanya peringkat sepuluh terbawah dari 160 siswa seangkatannya. Kondisi ini sontak membuat orang tuanya panik dan minta Adam untuk ngambil les semua mata pelajaran. Sayangnya, les itu tidak banyak membantu Adam.
Orangtuanya panik dan minta Adam buat ikutan les, tapi hal itu tidak menolong sama sekali. Di sebuah sekolah dengan nilai 0-100, rata-rata nilainya adalah 40. Bahkan guru matematikanya pernah mengundang ibunya dan bertanya, “Kenapa di SMP kelas 1, Adam Khoo tidak bisa mengerjakan soal kelas 4 SD?”
Sedikit putus asa, orang tua Adam meminta anak laki-lakinya itu ikutan program Super-Teen Program yang diasuh oleh Ernest Wong. Perubahannya mulai terasa, Adam sudah mulai yakin bahwa dirinya bisa berubah.Apa yang ia dapatkan? Banyak. Hal utama adalah keyakinan untuk bisa berubah. Wow, tiba-tiba aja ia yakin dengan dirinya. Pencerahan dari mentornya cukup memberikan pencerahan. Adam sadar, selama ini yang menghalangi dirinya adalah keyakinan yang salah serta sikap negatif.
Hari demi hari Ia membangun keyakinan itu dalam dirinya. Kalau teman sekolahnya bisa dapat nilai A, maka ia juga pasti bisa. Nilai keyakinan itu adalah hal baru buat hidupnya.
Target awal Adam setelah itu adalah mendapatkan nilai A, menentukan tujuan jangka pendeknya, yaitu masuk salah satu sekolah terbaik di Singapura, setelah lulus SMA Adam punya cita-cita masuk ke universitas terbaik dan menjadi mahasiswa keren dengan nilai fantastis.
Di sekolahnya, Adam mulai beraksi. Ia menempel kata-kata motivasi dan mulai belajar dengan caranya sendiri, mencoba teknik membaca cepat, bagaimana memfungsikan kedua belah otaknya, mencoba menggunakan teknik menyimpan memori. Hasilnya, saat gurunya bertanya ia berhsil menjawabnya dengan cepat.
Ia pun tidak ragu lagi menyampaikan keinginannya untuk menjadi ranking satu di sekolahnya, masuk SMA Favorit dan universitas hebat. Teman-temannya tertawa..”Ah, tidak mungkin kau bisa mewujudkan semua itu..” begitu kata mereka. Ejekan teman-teman Adam tidak membuat Adam putus asa malahan ia semakin semangat untuk menjadi sukses dan mengubah sejarah dalam hidupnya.

Keyakinan Adam lambat laun membuahkan hasil. Cuman perlu waktu tiga bulan untuk merubah nilainya menjadi 70. Setahun kemudian, ia menduduki ranking ke-18. Dan saat lulus SMP, Adam mendapatkan nilai A dengan nilai ujian untuk enam pelajaran inti. Mimpi masuk SMA keren pun akhirnya diterima dan tujuan kuliah di University of Singapore akhirnya jadi nyata bahkan selalu jadi juara setiap tahunnya. Adam masuk dalam kategori sepuluh mahasiswa jenius.
Dari cerita Adam Khoo, kita bisa ngambil hikmahnya. Yang pertama adalah, Adam bisa mengubah keyakinannya menjadi keyakinan yang penuh dengan optimis dan keyakinan yang tepat. Kedua, Adam menerapkan target yang jelas dan tujuan yang mantap.
Ketiga, Adam punya alasan kenapa dia harus berubah yaitu untuk maju dan membuktikan kepada teman-temannya kalo dia juga bisa kok. Terakhir, Adam punya strategi yang tepat untuk belajar tidak pernah puas dengan cara yang ada.
Anda pun bisa!

Juara karena Kekurangan

podium-solvo.jpg
Hah? Memang bisa? Di mana-mana kekurangan memang dianggap penyebab seseorang gagal, kalah dan tak mampu mencapai sesuatu. Tapi, siapa kira bahwa kekurangan sebenarnya bisa dimanfaatkan agar bisa menguntungkan kita.
Moby Dick’s, sebuah restoran di Cape Cod, Amerika Serikat mendapat perhatian banyak orang karena mendapat review yang sangat bagus di banyak situs, termasuk di TripAdvisor.com yang anggotanya kebanyakan sangat kritis dan pelit memberikan pujian. Moby Dick’s berhasil mendapatkan banyak “Excellent” dan “Very Good” di situs itu. Hal ini menarik perhatian Scott McKain, seorang penulis terkenal yang fokus pada perbedaan dan ciri khas organisasi.
Scott bahkan menemui Todd, pemilik restoran tersebut, untuk mengetahui, apa sih perbedaan Moby Dick’s dibanding restoran-restoran lain sehingga bisa disukai dan direkomendasikan banyak orang. “Kami tidak punya ijin untuk menjual alkohol,” jawab Todd yang membuat Scott terheran-heran. Bukan rahasia lagi kalau kebanyakan restoran atau cafĂ© mengambil banyak keuntungan dari minuman yang mereka jual, apalagi bir atau anggur yang sudah biasa dinikmati warga Amerika Serikat.
Meski tidak menjual alkohol, namun Moby Dick’s malah mengajurkan pengunjung mereka untuk membawa bir atau anggur favorit mereka sendiri. Mereka tak keberatan memberikan es dan tentunya gelas agar pengunjung bisa menikmati minuman segar kesayangan mereka. Pengunjung pun merasa senang karena bisa menikmati hidangan dan mengirit biaya minuman.
Apakah cuma itu kelebihan Moby Dick’s? Ternyata tidak. “Kekurangan” mereka dengan tidak memiliki ijin menjual minuman alkohol tadi malah mengesankan bahwa mereka memang tidak ingin mengambil untung dari minuman, namun justru fokus pada menyuguhkan makanan enak. Cita rasa makanan yang disajikan di Moby Dick’s tidak main-main. Karena memang itu kekuatan dan sumber penghasilan mereka. Bukan hanya mengambil keuntungan dari menjual alkohol.
Dipikir-pikir lagi, bayangkan bahagianya pengunjung Moby Dick’s. Mereka bebas bisa bawa minuman sendiri. Di banyak restoran di Indonesia saja kita tidak diijinkan membawa minuman dari luar! Bahkan saya pernah didenda tanpa peringatan sebelumnya karena membawa air mineral ke sebuah restoran pizza (yang bikin saya tidak mau ke sana lagi). Pengunjung Moby Dick’s merasa beruntung bisa makan di restoran dengan lebih irit, mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah, dan makan hidangan berkualitas. Tentunya mereka pulang dari sana dengan perasaaan senang, dan karenanya memberikan rekomendasi untuk restoran satu ini!
Dari kekurangan diolah menjadi kelebihan. Juara! Ini bisa menginspirasi kita untuk tidak lantas lemas karena tidak bisa melakukan sesuatu atau tidak memliki sesuatu. Banyak perusahaan besar yang mengalami hal sama. Zappos misalnya, situs online ini tidak memiliki uang untuk berpromosi. Akhirnya mereka fokus memberikan pelayanan terbaik pada konsumen mereka, yang mengakibatkan konsumen puas, menjadi langganan tetap dan bahkan merekomendasikan Zappos ke teman-temannya. Sekali lagi, mengubah kekurangan menjadi kelebihan. Hasilnya? Juara!

Bagaimana Apple mengubah dunia



Bagaimana Apple mengubah dunia
Anda pasti familiar dengan produk-produk Apple. Meski sang pendiri, Steve Jobs, sudah meninggalkan karya dan penggemar Apple selamanya, namun dunia mengingat dirinya sebagai pendiri Apple yang selalu mengedepankan kepuasan. Steve Jobs memberikan banyak pelajaran dan nilai-nilai sebuah inovasi. Bagaimana Apple menjadi raksasa bisnis dan paling mahal mengalahkan Microsotf, IBM bahkan Exxon.
Apa rahasia dibalik kesuksesan Apple? Bila dilihat lagi, tidak ada produk Apple yang orisinil. Apple tidak menciptakan komputer. Apple tidak menciptakan digital music player. Apple tidak menciptakan komputer tablet. Apple tidak menciptakan telphone genggam. Semua benda itu sudah ada sebelumnya. Yang dilakukan Apple adalah memberikan nilai tambah kepada barang-barang tersebut. Apple menambahkan konsep keindahan dan sentuhan elegan. Hasilnya adalah pasar tergila-gila dengan semua produk Apple. Sebut saja, iMac, iPod, iPad, iPhone dan lain lain. Ini tentunya kembali kepada Steve Jobs yang mempunyai visi dalam memberikan nilai tambah kepada produk yang ada. Lalu, nilai-nilai apa yang menjadi dasar untuk berinovasi ? Karena bagi Apple, kepuasan dan pengalaman para pelanggan produk-produk Apple adalah tujuan utama sehingga bagaimana Apple kemudian menciptakan gadget yang memenuhi kebutuhan mereka untuk gadget yang didesain baik fungsi dan look nya dengan maksimal. Tujuannya sederhana, agar penggunanya memiliki pengalaman yang baik.
Pada kondisi tertentu, Steve tidak hanya menggunakan kepuasaan pelanggan sebagai dasar lahirnya inovasi. Steve menemukan fakta bahwa konsumen sering sekali tidak tahu apa yang dibutuhkan. Kebutuhan itu akan terjawab saat Anda memberikan sebuah produk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Steve Job mempunyai visi masa depan, berpikir tentang kebutuhan konsumen yang didasari pada gaya hidup.
Jauh sebelum menciptakan gadget-gadget itu, Steve Jobs selalu menerapkan prinsip-prinsip penciptaan bagi pelanggannya yaitu sederhana tapi elegan, minimalis dan user friendly.
Feedback dari desain dan fungsi yang disukai pelanggan adalah promosi dan kepercayaan. Namun, bagi Steve dua hal tadi tidak membuatnya berhenti. Ia terus menjaga dua nilai penting tadi dengan terus melakukan Inovasi. Ilustrasi ini mungkin bisa memberikan ide kepada Anda. Inovasi apa yang bisa Anda lakukan untuk usaha yang tengah Anda jalani sekarang.
Suatu hari, Steve pernah berucap, produk atau solusi tidak akan pernah bisa lahir tanpa passion dan kesungguhan dari penciptanya. Ucapannya memang sederhana tapi bermakna sangat luar biasa. Ia juga pernah berucap, Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti hatimu.
Anda tentu sudah mengerti maksudnya. Bahwa, dalam penciptaan sebuah produk, keyakinan dan kata hati adalah dua hal yang tidak bisa terpisah. Terlebih saat Anda dituntut untuk terus berinovasi. Steve telah menunjukkan hubungan harmonis antara hati dan bisnis.
Ada gairah, ada keyakinan maka anda akan menemukan sebuah inovasi yang luar biasa dalam pengembangan bisnis anda. Tetaplah tidak puas atas apa yang sudah anda ciptakan, tetaplah merasa bodoh sehingga anda punya keinginan untuk terus belajar. Dan tetaplah yakin bahwa anda mampu menciptakan hal-hal yang berbeda.

8 Cara Sukses ala Chris Gardner


artikel-3-.jpg
Pernah nonton  "The Pursuit of Happiness"  yang dimainkan oleh Will Smith? Kalau belum, maka Anda wajib menonton film yang berdasarkan kisah sejati ini. Film ini menggambarkan perjuangan Chris Gardner yang sempat bangkrut, tidak punya tempat tinggal, hingga tidur di kamar mandi stasiun kereta api bersama anaknya. Ia berjuang sebagai salesman, hingga akhirnya sukses menjadi seorang bilyuner.
Anda juga mau jadi bilyuner ? Chris berbagi beberapa tip meraih kesuksesan agar cita-cita Anda itu tercapai.
  1. Lakukan apa yang Anda sukai, meski yang lain tidak menyetujuinya. Sering kali kita mendengar pendapat orang lain yang akhirnya malah membuat kita down. Bukannya semangat berbisnis, kita malah jadi takut kalau rencana kita tidak disetujui orang lain. Well, ANDA-lah yang akan berbisnis, dan kalau orang lain tidak suka dengan rencana Anda, itu masalah mereka, bukan Anda.
  2. Lakukan hal yang Anda sukai, namun tetaplah realistis. Gardner bilang, hal tersulit yang pernah orang tanyakan ke saya adalah "Pilih mana:  hal yang kita cintai atau hal yang praktikal". Hal yang praktikal maksudnya hal yang secara gampang menghasilkan uang. "Saya tidak bisa menjawabnya. Sebab saya harus melakukannya.Saya sangat mencintai karir saya di financial services, tapi saya juga mencintai kegiatan menafkahi anak saya."
  3. Bangunlah bisnis Anda sendiri, janganberpikir satu-satunya cara sukses adalah dengan bekerja di perusahaan.
  4. Buat perencanaan. Jangan hanya bergantung pada keyakinan saja.Buatlah perencanaan yang jelas, menarik & konsisten. Yang paling penting: Anda harus berkomitmen pada usaha Anda. Sering sekali orang hanya semangat pada awalnya saja.
  5. Gunakan kelebihan Anda. Apakah Anda pintar meyakinkan orang, berbakat dengan hal-hal teknikal, semua bakat dan keahlian itu bisa dengan gampang Anda gunakan untuk banyak bidang pekerjaan dan aneka industri.
  6. Mandirilah, dan jaga diri Anda sendiri. Jangan mengharapkan bantuan dari saudara, teman, atau siapapun juga.Dalam berbisnis, hal-hal buruk bisa terjadi, meski begitu, Anda harus cukup kuat untuk mengangkat diri Anda sendiri.
  7. Ingatlah mana yang benar-benar penting. Di Amerika banyak orang bekerja untuk mendapatkan harta benda, kata Gardner. Sekarang, semua orang harusnya focus pada hal yang benar-benar penting:  keluarga dan teman-teman.
  8. Sekecil dan selambat apapun berkembangnya usaha Anda, tetap saja itu perkembangan yang berarti. Selama usaha Anda ada kemajuan, meski kecil, semua itu berarti.Jangan gampang menyerah dan patah semangat!