Minggu, 22 April 2012

Bagaimana Apple mengubah dunia



Bagaimana Apple mengubah dunia
Anda pasti familiar dengan produk-produk Apple. Meski sang pendiri, Steve Jobs, sudah meninggalkan karya dan penggemar Apple selamanya, namun dunia mengingat dirinya sebagai pendiri Apple yang selalu mengedepankan kepuasan. Steve Jobs memberikan banyak pelajaran dan nilai-nilai sebuah inovasi. Bagaimana Apple menjadi raksasa bisnis dan paling mahal mengalahkan Microsotf, IBM bahkan Exxon.
Apa rahasia dibalik kesuksesan Apple? Bila dilihat lagi, tidak ada produk Apple yang orisinil. Apple tidak menciptakan komputer. Apple tidak menciptakan digital music player. Apple tidak menciptakan komputer tablet. Apple tidak menciptakan telphone genggam. Semua benda itu sudah ada sebelumnya. Yang dilakukan Apple adalah memberikan nilai tambah kepada barang-barang tersebut. Apple menambahkan konsep keindahan dan sentuhan elegan. Hasilnya adalah pasar tergila-gila dengan semua produk Apple. Sebut saja, iMac, iPod, iPad, iPhone dan lain lain. Ini tentunya kembali kepada Steve Jobs yang mempunyai visi dalam memberikan nilai tambah kepada produk yang ada. Lalu, nilai-nilai apa yang menjadi dasar untuk berinovasi ? Karena bagi Apple, kepuasan dan pengalaman para pelanggan produk-produk Apple adalah tujuan utama sehingga bagaimana Apple kemudian menciptakan gadget yang memenuhi kebutuhan mereka untuk gadget yang didesain baik fungsi dan look nya dengan maksimal. Tujuannya sederhana, agar penggunanya memiliki pengalaman yang baik.
Pada kondisi tertentu, Steve tidak hanya menggunakan kepuasaan pelanggan sebagai dasar lahirnya inovasi. Steve menemukan fakta bahwa konsumen sering sekali tidak tahu apa yang dibutuhkan. Kebutuhan itu akan terjawab saat Anda memberikan sebuah produk yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Steve Job mempunyai visi masa depan, berpikir tentang kebutuhan konsumen yang didasari pada gaya hidup.
Jauh sebelum menciptakan gadget-gadget itu, Steve Jobs selalu menerapkan prinsip-prinsip penciptaan bagi pelanggannya yaitu sederhana tapi elegan, minimalis dan user friendly.
Feedback dari desain dan fungsi yang disukai pelanggan adalah promosi dan kepercayaan. Namun, bagi Steve dua hal tadi tidak membuatnya berhenti. Ia terus menjaga dua nilai penting tadi dengan terus melakukan Inovasi. Ilustrasi ini mungkin bisa memberikan ide kepada Anda. Inovasi apa yang bisa Anda lakukan untuk usaha yang tengah Anda jalani sekarang.
Suatu hari, Steve pernah berucap, produk atau solusi tidak akan pernah bisa lahir tanpa passion dan kesungguhan dari penciptanya. Ucapannya memang sederhana tapi bermakna sangat luar biasa. Ia juga pernah berucap, Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti hatimu.
Anda tentu sudah mengerti maksudnya. Bahwa, dalam penciptaan sebuah produk, keyakinan dan kata hati adalah dua hal yang tidak bisa terpisah. Terlebih saat Anda dituntut untuk terus berinovasi. Steve telah menunjukkan hubungan harmonis antara hati dan bisnis.
Ada gairah, ada keyakinan maka anda akan menemukan sebuah inovasi yang luar biasa dalam pengembangan bisnis anda. Tetaplah tidak puas atas apa yang sudah anda ciptakan, tetaplah merasa bodoh sehingga anda punya keinginan untuk terus belajar. Dan tetaplah yakin bahwa anda mampu menciptakan hal-hal yang berbeda.

Tidak ada komentar: