Kamis, 03 Desember 2009

JATUH CINTA DENGAN BANTAL??

Lisa Katayama dari TokyoMango memiliki berita pada majalah NYT minggu ini mengenai otaku di Jepang yang jatuh cinta pada bantal anime mereka. Yak, mereka “mengencani” bantal dengan gambar karakter anime di atasnya. Apakah yang sebenarnya sedang terjadi di Jepang??

2dlove



Hal ini merupakan tren yang menyedihkan sekaligus mengganggu yang tampak sebuah langkah selanjutnya dari fenomena hikkikomori, dimana ribuan pria di Jepang takut akan bertemu orang dan dunia luar dan memilih untuk mengunci diri mereka di kamar. Sebenarnya apa yang mengakibatkan kepribadian terisolasi dan anti sosial ini??

Lisa mengatakan bahwa penyebabnya kemungkinan adalah karena hampir 1/4 penduduk Jepang dengan umur antara 30 dan 34 adalah bujangan, sementara setengahnya tidak punya teman dari lawan jenis sama sekali. Jadi tampaknya cukup banyak orang kesepian di Jepang yang melarikan diri pada karakter 2 dimensi.

Jepang bukanlah satu – satunya tempat orang kesepian dengan masalah sosial, tetapi apa yang mendorong fenomena ini sampai menjadi hal yang umum di Jepang??? Ada yang tahu?? Selengkapnya di NYT Magazine

Tidak ada komentar: