Senin, 18 Januari 2010

Teknologi Dibalik Kostum Ironman [Powered Exoskeleton]



Pernah denger Powered Exoskeleton
Kalo TS pribadi sih baru denger ini istilah powered exoskeleton(ribet bener bacanya )
Kalo yang pernah nonton iron man, pasti tau donk armor yang dipake si tony starbucks 
nah armornya si tony starbucks itu merupakan teknologi powered exoskeleton atau dikenal juga dengan istilah power armor.
Dan ternyata itu bukan cuma di filmnya si tony sturbucks , ternyata ada aslinya juga loh 
ga pecaya? 
nih contoh2 power armor / powered exoskeleton
Spoiler for exoskeleton




nah, TS ga boong kan? 
DARPA(Defense Advance Research Projects Agency) yang berasal dari amerika adalah salah satu pihak yg sedang mengembangkan teknologi power armor ini untuk digunakan dalam perang. Ampe skarang sih belom ada produk yang udah jadi, masih berupa prototype.


Awal proyek
Pas tahun 1986, seorang ranger US Army Ranger mengembangkan konsep LIFESUIT yang terinspirasi dari lumpuh yang dideritanya gara2 kepeleset dari pohon pas mo ngambil layangan yang nyangkut  (becanda gan ), dia lumpuh gara2 kecelakaan pas penerjunan. Nah pas dalam masa pemulihan, si Ranger ini lagi baca bokep sambil mikirin yang macem2  (becanda lagi gan ). Pas masa pemulihan, si ranger ini lagi baca novel Starship Trooper buatan Robert Heinlen dan tertarik dengan teknologi power armor yang berada dalam buku tersebut(bukan buku bokep y gan ). Lalu ia bekerja sama dengan militer and then mengembangkan LIFESUIT shingga dapat membantu orang yang mengalami kelumpuhan agar bisa berjalan kembali.

Lifesuit

Pas tahun 2003, terciptalah LIFESUIT 6 (LS6) yang mampu merecord dan mereka ulang pergerakan manusia ketika berjalan. Trus Tahun 2005, LIFESUIT 12 diperlombakan dalam sebuah lomba gerak jalan Saint Patrick's Day Dash dan berhasil menyelesaikan jarak 3 mil dengan catatan waktu 90 menit.

Karena Proyek LIFESUIT ini bisa dikatakan sukses, maka beberapa kalangan tertarik mengembangkan powered exoskeleton untuk keperluan militer yang memungkinkan tentara mengangkat beban berat 80 s/d 300kg(wah kalo ampe ini powered exoskeleton ampe ke indonesia, maka hancur sudah masa depan para portir ).
Spoiler for portir vs powered exoskeleton
PORTIR

VS

powered exoskeleton


Fungsi Powered Exoskeleton :
1. Membantu orang lumpuh agar bisa berjalan
2. Membantu para tentara untuk mengangkat beban berat sehingga tidak perlu menggunakan jasa portir ketika berperang 
3. Membantu para pasien patah tulang maupun pasien yang baru sembuh dari stroke
4. Mengurangi rasa depresi para pasien stroke karna dengan memakai powered exoskeleton, mungkin pasien akan bernarsis ria (kapan lagi pake kostum kek gini )

membantu pasien yang susah berjalan

Bonus pict Powered Exoskeleton
Spoiler for bonus





 http://haxims.blogspot.com/2010/01/teknologi-dibalik-kostum-ironman.html#ixzz0d1z6de9v

Tidak ada komentar: