Minggu, 23 Mei 2010

Sekilas mengenai OS Maemo (N900)


Setelah begitu lama Nokia phones dengan jajaran middle high phonesnya memakai system OS Symbian S60, maka akhirnya launching juga Nokia dengan system Maemo 5 (built 5, code name fremantle) yang mengusung konsep opensource/freeware, dengan base Linux.

haxims.blogspot.com

OS ini cukup menarik dari segi design interface, pengadopsian widgets, dan juga integrasi VoIP/IM kedalam conversation (SMS) dan juga contacts.....

Mirip dengan design N97 pendahulunya yang masih memakai Symbian S60-5th edition, Maemo 5 ini berdimensi lebih leabr dengan ukuran layar 3,5" beresolusi 800x480 pixels wide dengan jenis LCD resistive active screen dan juga diperkuat dengan processor ARM Cortex-AB 600MHz dan 3D graphic accelerator yang sudah support OpenGL v2.0
haxims.blogspot.com

terlihat tampilan interface maemo yang terbagi menjadi "4 desktop" dan dapat kita kostumasi sesuai dengan keinginan si pemilik.

Browser N900 ini diperkuat dengan dukungan flash 9.4 dan juga support multi page, dikembangkan oleh Mozilla, si pembuat firefox browser.
Ada 2 cara zoom di browser ini yaitu dengan "double-tap" dan juga gesture bulatan.... putar searah jarum jam atau sebaliknya akan zoom in/out (jadi seperti gerakan engkol begitu) hehehe.. konsep menarik!

sebagaimana sudah mensupport flash, maka "facebook" yang lagi booming dengan game2 menarik, sudah dapat dimainkan dengan sempurna di N900 ini, berikut contoh screenshot "MafiaWars dan zygna Poker" di native browser N900.
haxims.blogspot.com

haxims.blogspot.com

Menarik bukan bermain disitu, tanpa harus memakai Opera Mini lagi (mana sekarang OpMin juga udah gak support, katanya lho...)

Mozilla juga mengeluarkan firefox mobile dengan codename "fennec", salah satu versi nya untuk Maemo (N900) ini, berikut screenshotnya..
haxims.blogspot.com

Browser ini sudah mensupport weave sync, artinya bila kita menggunakan firefox di komputer kita dan N900 itu, maka semua bookmark bisa secara otomatis ter sinkron antara PC dan HP kita....

--------
FIRMWARE update!
N900 sudah support push notification update untuk semua aplikasi yang terinstall di dalamnya, termasuk system (firmware maemo)
out of the box N900 saya memiliki v1.2009.42.11.003 dan tgl 11 Januari 2010 tadi mendapatkan push notification tentang f/w update ke v1.2009.44.1.003, langsung kita install OTA via N900 (22mb size)
haxims.blogspot.com

Giealfonsin.blogspot.com


Tidak ada komentar: