Selasa, 08 Juni 2010

Mengenal Lebih Jauh Eye Floater


www.haxims.blogspot.com

Bagi siapa saja yang belum pernah merasakan fenomena ini, "eye floaters" merupakan objek-objek berbentuk aneh yang muncul di pandangan kita, terkadang muncul ketika melihat yang cerah-cerah seperti langit biru. Bentuk objek yang dilihat pun berbubah-ubah, terkadang berwujud titik, terkadang berbentuk berserabut dan panjang.

Ini bukanlah ilusi optikal, Hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya vitreous yang keluar dari tempatnya semula dan kemudian bergerak-gerak di sekitar bola mata kita.
www.haxims.blogspot.com

Vitreous adalah media seperti agar-agar bening yang mengisi bagian dalam bola mata mulai dari belakang lensa mata sampai ke retina, berfungsi untuk mempertahankan bentuk mata kita. Gel alias agaragar pada mata ini terdiri atas 99% air dan 1% elemen lainnya, seperti jaringan asam hyaluronic dan kolagen. Asam hyaluronic berfungsi untuk mempertahankan molekul air. Terkadang, jaringan ini mengekuarkan asam hyaluronic yang kemudian asam ini "menangkap" molekul air. Ketika ini terjadi, akan membentuk inti yang berair di vitreous body.

Kemudian, bagian dari jaringan asam hyaluronic dan kolagen akan terlepas dari tempat yang seharusnya dan mengapung di tengah mata. Dan ketika cahaya melewati area ini, maka akan membentuk bayangan di retina kita. Bayangan inilah yang kita lihat pada saat ini terjadi.

Anak-anak dan remaja hampir tidak pernah mengalami "eye floater" yang disebabkan oleh jaringan asam hyaluronic seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada mereka biasanya muncul seperti jaring-jaring kristal pada mata mereka. Jenis "eye floater" ini tidak terjadi pada vitreous humor. Hal ini terjadi pada area Premacular Bursa, di depan retina.
www.haxims.blogspot.com

Floater jenis ini nampak sangat kecil ukurannya, dan hanya muncul membesar jika mendekat ke retina. Sayangnya, floater jenis ini susah bahkan tidak mungkin untuk diobati.
Pengobatan

Berikut pengobatan yang banyak dilakukan:
Pemecahan dari eye floaters dengan penggunaan dari laser YAG telah dianjurkan oleh beberapa orang, namun tidak ada bukti bahwa ini efektif. Penggunaan laser juga menghadapkan pada risiko-risiko signifikan pada penglihatan dari mata yang jika tidak adalah suatu mata yang sehat. Vitreous sendiri juga dapat diangkat dengan operasi oleh suatu prosedur yang disebut vitrectomy. Ini melibatkan beberapa irisan kedalam mata dan dicadangkan untuk situasi-situasi yang mana ada sejumlah besar dari darah yang tidak menghilang atau puing-puing peradangan didalam mata. Operasi dari yang manapun seharusnya tidak dilaksanakan pada pasien-pasien dengan tipe yang umum dari eye floaters dalam kaitan dengan vitreous syneresis atau posterior vitreous detachment.

Mengenai bahaya atau tidak, berikut penjelasan dari totalkesehatananda.com : 

Eye floaters dapat menyebalkan, namun mereka sendiri tidak berbahaya. Kebanyakan dari eye floaters disebabkan oleh perubahan-perubahan penuaan yang normal didalam mata.
Diagnosis:
Ketika ada pergi ke dokter mata anda dengan gejala eye floaters, ia pertama-tama akan menanyakan pertanyaan mengenai mereka. Dokter mata akan memeriksa penglihatan anda, melihat pada depan mata anda dengan suatu lampu celah, dan kemudian meneteskan tetes mata kedalam mata untuk memperlebar pupil. Setelah pupil diperlebar, retina dan vitreous akan diperiksa dengan sinar-sinar yang terang dari suatu ophthalmoscope. Dokter mata akan mampu melihat eye floaters sendiri dan akan mampu memberitahukan anda apakah ada kelainan-kelainan apa saja yang berhubungan dengan mata yang memerlukan tes-tes atau perawatan-perawatan yang lebih jauh.
Bisa Hilangkah eye floater ini?
Kebanyakan eye floaters berkurang pada ukuran dan kegelapannya dengan waktu. Beberapa dari ini disebabkan oleh penyerapan yang nyata dari floater melalui proses-proses alamiah didalam mata. Eye floaters juga dapat bergeser dalam posisinya didalam mata, berakibat pada efek bayangan yang lebih seikit. Sebagai tambahan, syaraf-syaraf didalam otak beradaptasi dan seringkali menjadi terbiasa dengan kehadiran eye floaters, mengabaikan mereka dalam suatu cara yang mirip pada perasaan anda yang hanya merasakan sepatu anda pada kaki anda jika anda memikirkan tentang itu. Eye floaters akhirnya bertendensi menjadi lebih sedikit menyebalkan.
Adakah obat-obatan untuk menghilangkan eye floater?
Meskipun jamu-jamu tertentu, vitamin-vitamin, dan produk-produk yang mengandung iodine telah dipuji sebagai efektif dalam mengurangi eye floaters, tidak satu dari ini pun telah terbukti efektif dalam percobaan-percobaan klinis. Pada kasus-kasus tidak umum dimana eye floaters disebabkan oleh sel-sel darah putih didalam vitreous dari peradangan atau infeksi, obat-obat anti peradangan atau aitibiotik-antibiotik yang sesuai akan mengurangi jumlah sel-sel darah putih. Tidak ada obat-obat oral atau tetes mata yang bernilai untuk mengurangi tipe yang umum dari eye floaters.












Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: