Minggu, 05 September 2010

Ternyata Laptop Dan HP Yang Kita Gunakan Berasal Dari Konflik Berdarah!!??


Bagaimana tanggapan anda jika mengetahui gadget terbaru anda ada hubungannya dengan konflik di Kongo?? Sekedar mengingatkan sejak 1996 Kongo merupakan daerah konflik dimana para kelompok bersenjata menakut-nakuti penduduk setempat dengan melakukan pemerkosaan, kekerasan dan pembunuhan untuk menguasai tambang mineral. Lalu apa hubungannya peralatan elektronik anda dengan konflik berdarah di Kongo?
Peralatan elektronik favorit kebanggan yang anda gunakan sekarang mengandung mineral seperti timah yang mana kebanyakan berasal dari daerah konflik seperti yang ditunjukkan video di bawah yang menjelaskan Mac dan PCs mempunyai hubungan yang erat dengan konflik tersebut.

Sumber daya alam tersebut digunakan untuk memproduksi banyak produk teknologi, dan merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Kelompok bersenjata di kongo mengontrol tambang dan rute perdagangan hasil tambang tersebut. Mereka menghasilkan hingga ratusan juta setiap tahunnya dengan menjual mineral tersebut kepada perusahaan elektronik.
Lalu sebagai konsumen, bagaimana kita menanggapi hal ini?
Sebagai dukungan terhadap kemanusiaan Inilah yang dapat kita lakukan :
  1. Suarakan hal ini kepada perusahaan-perusahaan elektronik agar mereka mengetahui bahwa anda menyukai produk mereka dan akan senang sekali membeli produknya lagi sampai mereka berhenti menggunakan bahan mineral dari daerah konflik. jadilah bagian dari solusi disini.
  2. Beritahukan kepada teman-teman anda perubahan nyata akan terjadi jika cukup banyak tuntutan dari banyak orang, dengan mengirim tweet atau pun menuliskan update di facebook.
Pelajari lebih banyak tentang konflik mineral di Kongo diwww.raisehopeforcongo.org
lintasberita.com

Tidak ada komentar: