Minggu, 06 Desember 2009

INVASI CHIPTUNE a.k.a 8BIT MUSIC


Console video game jadul ternyata masih berguna. Tapi bukan buat main game, melainkan menghasilkan lagu. Video game yang dicolok ke monitor TV, speaker, atau mixer bisa menghasilkan melodi bernuansa kartun. Begitu tombol-tombol Nintendo, Atari, atau Game Boy tersebut dipijit, maka keluarlah nada-nada kartun ala chiptune.

Mungkin banyak yang asing dengan chiptune. Ini bukan processor atau chip grafis model terkini. Tapi ini adalah salah satu jenis musik yang awalnya dibuat untuk mengiringin game pada console, arcade, atau handheld pada tahun 80-an. Musisi chiptune pada masa itu membuat musik untuk mengisi soundtrack atau elemen efek game console seperti Atari ST, Cammodore 64.

Keunikan dari musik chiptune adalah pada sound 8bit dan 16bit (4.41khz-48khz-96khz). Di bawah itu hanya merupai dalam 4 gelombang dasar. Di dalam chiptune sendiri terdapat 4 jenis basic waveform yaitu sine wave, squere wave, pseudo-triangle dan low-resolution noise.
Chiptune, atau Chip music, atau Micromusic sangat popular pada periode pertengahan 1980 sampai awal 1990. Di mana pada saat itu untuk membuat musik dengan komputer hanya tersedia sound chip tersebut.
Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer2 dalam menciptakan instrument sendiri. Tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih komplek.
Chiptunes kadang terdengar “kasar” dan “menciut” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.
Abim dari Curah Melodia Mandiri, salah satu dari mereka yang menyukai chiptune menuturkan, asal-usul chiptune tidak bisa dilepaskan dari kehadiran Video Games untuk mengiringi suasana permainan games.
Seiring berjalannya waktu, memainkan dan mendengarkan chiptune menjadi sebuah kesenangan tersendiri. “Itu hal yang sangat eforia buat kami. Kita main game tapi musiknya nempel di kepala kita, jadi ingin mengingat kembali,” ujar Abim.
Menurut Abim modal untuk memainkan chiptune tidak harus mahal. “Mainan jaman dulu, apapun itu, asal bisa mengeluarkan suara seperti 8bit, low bit resolution, nggak masalah apapun medianya,” ujarnya. Musik apapun bisa dihasilkan Chiptune. Metal, rock, jazz, pop, atau jenis lainya, namun lagi-lagi dengan syarat, resolusi suaranya 8 bit.



BERAWAL DARI 80an
Para Composer Chiptune/Chipmusik bisa dibilang telah dimulai awal tahun 80an. Ketika bermulanya zaman kebangkitan home computer dan video games. Pada saat itu, para composer menghasilkan musik hanya untuk soundtrack videogames. Pada tahun 1987, Karsten Obarsk, game developer dari jerman, merilis ultimate Soundtracker untuk platform Commodore Amiga kepada publik.
Tracker musik ini bisa dibilang sebagai Grandfather tracker-tracker musik lainnya. Setelah itu, semakin banyak bermunculan Tracker lain untuk platform komputer lainnya. Selanjutnya kita bahas tools per-platform yang banyak di gunakan:

Commodore Amiga


Commodore 64
Banyak sekali alternatif yang bisa di pilih untuk membuat musik dengan commodore 64 ini. Dengan cara traditional dengan mengakses disket, menggunakan software tracker seperti:

Cyber Tracker

atau menggunakan catridge

Mssiah

The MSSIAH adalah MIDI peluru untuk Commodore 64. Ini berisi suite
aplikasi musik yang dimulai seketika saat Anda memasukkan cartridge dan
computer.With jalankan aplikasi ini Anda dapat memutar C64's audio
sirkuit (SID) melalui MIDI atau yang berdiri sendiri dengan sequencer internal. "
Interface dari Mssiah Catridnya Tracker bukan, melainkan Serupa dengan
Lazim sequencer software nya.


"The Sequencer adalah aplikasi unggulan dalam suite MSSIAH. Sesungguhnya satu-of-dia-jenis platform pada C64 dan sepenuhnya sejalan dengan aplikasi musik modern. Dengan MSSIAH Sequencer Anda dapat membuat musik seperti menggunakan Logika / Cubase pada PC / MAC. Sequences dan catatan yang ditambahkan, dipindahkan, disalin, atau dihapus hanya dengan klik pada mouse atau dengan bermain pada keyboard MIDI atau C64. Edit sampai dengan 32 dari SID klasik Anda sendiri instrumen atau pilih dari 68 mudah tersedia preset untuk cepatakses ke permainan komputer THE klasik suara dari 80-an. "
Selain itu, di Mssiah Fitur lain yang sangat menarik yaitu, mempunyai Mono instrumen Synthsizer, bassline (menyerupai TB-303), Drummer (menyerupai TR-909) dan Wave Player (Wave-Player akan memutar kembali 4-bit pada sampel di tiga virtual 6Khz saluran)





Catridge Mssiah ini pun sudah fully Midi support. Kita dengan mudah mengkonek kan aplikasi lain dengan Commodore 64 + Mssiah menjadi satu platform musik yang powerfull!

Komputer Commodore 64 (C64) mempunyai suara yang khas. Oleh karena itu, banyak orang2 kreatif memberdayakan chip SID yang terkandung dalam C64 ini menjadi sebuah sound module.

SIDSTATION

"SidStation menggabungkan suara MOS6581 chip dari Commodore C64 homecomputer klasik dengan sistem operasi yang kuat. Bersiaplah untuk suara keren asli tidak pernah mendengar sebelumnya. SidStation fitur yang lengkap dan dukungan MIDI-tweakable secara realtime controller."

HARDSID 4U


ATARI ST

maxYMizer

"maxYMiser adalah yang terbaik dan paling up to date chip pelacak untuk Atari ST, dan ini masih dalam pengembangan terus-menerus. Untuk mendengar suara pelacak ini mampu kunjungi Phatt Demo dan maxYMiser online Compo. maxYMiser ini gratis, fitur lengkap MIDIpelaksanaan, dan mudah untuk menggunakan gaya FastTracker II pengeditan. maxYMiser adalah produksi gwEm. "

GAMEBOY
Chiptune music seperti yang telah saya coba jelaskan sebelum nya, mempunyai beragam macam tipe. Salah satunya adalah Gameboy Music. Yaitu, salah satu tipe dari chiptune music mempergunakan game system dari GameBoy Line. Untuk memproduksi music, memerlukan GameBoy console dan catridge (kaset game) berisi software khusus. Diluar sana ada berbagai macam software music untuk GameBoy, tetapi yang paling banyak dikenal oleh para musisi GameBoy adalah Nanoloop dan Little Sound DJ.
Nanoloop diciptakan oleh Oliver Wittchow, seorang art student dari jerman pada tahun 1997. User interface dari software ini sangat minim sekali dan berbeda dengan “normal” musical user interfaces. Sedangkan Little Sound DJ diciptakan oleh Johan Kotlinski pada tahun 2000. Little Sound Dj adalah Tracker 4 channel.

Little Sound DJ (LDSJ)

NANOLOOP

"Nanoloop adalah synthesizer / sequencer untuk sistem Nintendo Game Boy. Stored pada permainan normal kartrid, hal itu memungkinkan untuk menghasilkan musik elektronik baik tanpa hardware, dengan menggunakan headphone atau eksternal penguat (home stereo, speaker aktif, dll) sebagai output suara .

NINTENDO ENTERTAINMENT SYSTEM (NES)

MIDINES
Midines adalah hardware/catridge yang mengizinkan akses MIDI control ke soundchip 8bit NES. Ini memungkinkan MIDINES menjadi alat pelengkap di studio bersama dengan alat2 retro yang lain maupun modern. Lain hal juga tersedia NesFX, sebuah retro visual grafik yang datang dari incoming MIDI sound data. Versi 1.1.0 features 256 samples (Bisa di akses pada dua keyboard banks) featuring TR707, TR808, TR909, LINN, Amen+other breaks, stabs, dan essential chip battlz.
Midines diciptakan dengan cara memodifikasi 8bit Nintendo game cartridges, cleaning / stripping original case, mengganti game CIC chip dengan Midines 1.1 circuitboard. Midines adalah non-Nintendo licensed hardware interface yang mengizinkan MIDI access ke 8bit NES sound chip, kita bisa mengintegrasikan NES ke MIDI recording studio kita. Midines menyediakan full access kepada 2x Pulse, Tri, Noise and DMC (sample) channels. Dilengkapi akses sweep, duty, volume dan length sound registers.Salah satu artis yang menggunakan Midines ini adalah Trash80.

Nah sekarang kita masuk ke perkembangan teknologinya. Soundchip yang dipakai tersebut seperti yang tersedia dalam komputer2 berikut ini:
1. Chip Atari Pokey di komputer Atari 400/800
2. Chip SID di komputer Commodore 64
3. Chip PAPU dalam Nintendo Game Boy
4. Chip Yamaha YM2149 di komputer Atari ST
5. Chip AY-3-8910 or 8912 di komputer Amstrad CPC
6. Chip Yamaha YM3812 di komputer IBM PC compatibles
7. Chip Ricoh 2A03 di dalam the Nintendo Entertainment System atau Famicom.

Biasanya, chiptunes terdiri dari basic waveform yaitu sine wave, square wave dan sawtooth atau triangle wave, dan basic percussion, sering dihasilkan dari white noise melalui ADSR envelope. Untuk software yang digunakan dalam membuat chiptune music disebut Tracker.
Kalau kita bikin lagu berdasarkan suara-suara tersebut pasti identik dengan pure chiptune. Kick drum pun bisa di hasilnya oleh waveform tersebut. Sedangkan hihat atau snare menggunakan white noise. Jaman sekarang sudah banyak yang mengkolaborasikan sound asli chipset tersebut dengan drum machine modern atau analog synth dan hasilnya pun sangat mantab.

Masih bergerak underground
Komunitas Chiptune di Indonesia belum banyak dan masih lebih sering bergerak secara underground. Karyanya sering dipake buat ngiringin musisi lain. Contohnya kayak di salah satu lagunya Mocca.
Komunitas musik chiptune termasuk kecil, tetapi tersebar di seluruh dunia, dengan banyak musisi yang menciptakan genre yang berbeda. Mereka bergerak secara underground dan sangat aktif menjalankan hubungan antarnegara.
Jika ingin terjun atau ingin tau lebih lanjut tentang komunitas chiptunes, kalian bisa mampir ke web di bawah ini:
http://www.myspace.com/indonesianchiptunes
http://www.8bitpeoples.com/
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=901765

Untuk pergerakan acaranya, penggemar chiptune memiliki "surganya" sendiri. Event chiptune internasional banyak sekali, seperti yang diselenggarakan Pesta Mikro di Indonesia, Microba Party di Italia, Lo-Bit Playground di Jepang, dan Blip Festival di New York.


BLIP FESTIVAL, NEW YORK


LO-BIT UNDERGROUND DI JEPANG


MICROBO PARTY, ITALIA


PESTAMIKRO, INDONESIA

GELIAT DI TANAH AIR
Eksistensi di kancah internasional sudah ada sejak dekade tujuh puluhanan. Namun di Indonesia, gemanya baru terdengar sekitar tahun dua ribuan. Salah satunya Turbo Blip, sebuah project musik chiptune dari Kota Bogor, yang diprakarsai oleh Ricky Volta. ”Awalnya tertarik pada chiptune, karena suaranya unik. Akhirnnya saya cari di internet untuk informasi lebih lengkap mengenai musik ini, sekaligus belajar nguliknya. Setelah itu bertemu banyak teman-teman sesama penggiat chiptune, jadi makin tertarik,” papar Ricky kepada Jurnal Bogor.
”Salah satu tantangan memainkan musik ini adalah, bagaimana sekreatif mungkin menghasilkan musik dari keterbatasan instrumen yang ada,” ujar Ricky. Chiptunes juga menurutnya dapat dikolaborasikan dengan instrumen musik lain, misalnya dalam format band, atau dengan tambahan vokal. Seperti Turbo Blip yang memasukan unsur vokal. ”Saya senang menulis lirik. Karena itu saya mix ke musik ini,” Kata Ricky.
1. vibrick (www.myspace.com/vibrick)
2. pickney (www.myspace.com/pickneygroove)
3. jw86 (www.myspace.com/jw86music)
4. hellostereo (www.myspace.com/stereohello)
5. local drug store (www.myspace.com/localdrugstore)
6. cacat nada (www.myspace.com/cacatnada)
7. turbo blip (www.myspace.com/turboblip)
8. nintenboys (www.myspace.com/kolornatika)
9. motoric mathematics (www.myspace.com/motorixmathematix)
10. vga88 (www.myspace.com/vga88)





Tidak ada komentar: