Senin, 08 Maret 2010

Inilah Password Paling Populer di Internet


Password sederhana dan mudah ditebak masih banyak digunakan oleh para pengguna internet. Ini didapatkan berdasar hasil analisis terhadap user password situs rockyou yang dibobol hacker bulan lalu.
RockYou, adalah situs penyedia layanan aplikasi slideshows, games, layouts dan lainnya bagi situs social networking seperti Facebook,MySpace atau Orkut.  32 juta password para penggunanya dibeberkan oleh hacker yang belum diketahui identitasnya.
Celakanya, RockYou tidak hanya menyimpan informasi login bagi penggunanya sendiri tetapi juga termasuk website pihak ketiga seperti Facebook,  MySpace , Orkut, Hi5, Friendster dan Tagged. Lebih diperparah Password para pengguna tersebut disimpan di database hanya dengan  format plain text.
Berdasar hasil analisis perusahaan Security company Imperva terhadap lebih 30 juta password yang digunakan pengguna situs RockYou, ternyata sebagian besar password tersebut tidak aman:
  • Sekitar 30% password pengguna hanya memiliki panjang 6 karakter.
  • 60% password terdiri kombinasi karakter alpha-numeric sederhana.
  • Hampir 50% menggunakan nama, kata-kata slang, kata kamus atau trivial passwords (consecutive digits, adjacent keyboard keys, dan yang serupa lainnya).
  • Password yang paling banyak digunakan pengguna Rockyou.com adalah “123456”.
Daftar Password
Dari Tabel popularitas password diatas, yang sering dipakai oleh pengguna adalah 123456, Password, rockyou atau abc123. Laporan lengkap daftar password lainnya dapat di download di situs www.imperva.com. (file pdf).
Kemungkinan besar password yang sama juga digunakan untuk email, nomor PIN ATM, kartu kredit dan proses kegiatan transaksi elektroniklainnya.
Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: