Senin, 01 Maret 2010

JING = SnagIt + Camtasia


http://www.jingproject.com/assets/img/jing-logo.gifBingung saya ngasih judulnya. Gitu aja ya :) Teman² pada tahuSnagIt dan Camtasia Studio kan ? SnagIt itu software untuk mengambil gambar dilayar monitor. Saya sering pakai SnagIt kalau ingin membuat buku manual setelah membuat project. Fungsinya mirip dengan  tombol print screen di keyboard, tapi lebih lengkap, bisa mengambil tiap bagian atau scroll sampai keseluruhan layar.
Kalau Camtasia Studio pasti sudah tahu donk ? itu lho aplikasi buat merekam semua tindakan kita dilayar monitor menjadi sebuah video. Kalau ingin membuat video tutorial software ini cucok banget :) . Biasanya para internet marketer suka bikin video tutorial dan menjualnya pada murid²nya :D . Kedua software ini (SnagIt dan Camtasia) sangat keren dan berguna, tapi yaitu tidak gratis :)
Adalah TechSmith, developer SnagIt dan Camtasia membuat project baru bernama JING. JING adalah software desktop yang menggabungkan fungsi kedua software diatas (SnagIt dan Camtasia). Yaitu mengcapture layar (screenshot), merekam aksi kita dilayar dan bisa langsung mensharenya melalui email, web atau IM. Dan satu yang paling penting, software ini GRATIS :) tersedia untuk OS Windows dan MAC.
Untuk yang berbasis Windows, menginstall software ini butuh dotNET framework 3.0 . Jadi pastikan PC atau laptopnya sudah terinstall dotNET framework. Kalau belum nginstall bisa kok nginstall online otomatis ketika kita menjalankan installer JING. Tapi ya itu install online lemot abis, file dotNET framework nya 27Mb. Kalau JING nya hanya 7Mb kok. Tadi pagi saya coba gak sukses :D
Selamat mencoba :)
Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: