Minggu, 13 Mei 2012

Korban Sukhoi yang berhasil ditemukan tak ada yang utuh

Korban Sukhoi yang berhasil ditemukan tak ada yang utuh
tim sar mendaki menuju lokasi jatuhnya sukhoi. merdeka.com/arie basuki

Reporter: Laurel Benny Saron Silalahi


Rumah Sakit Polri saat ini telah menerima sedikitnya 18 kantung jenazah korban pesawat Sukhoi yang jatuh di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Dari semua jenazah yang sudah dikirim ke RS Polri, tak satu pun yang utuh.

"Dalam 18 kantong jenazah yang berupa potongan tubuh korban, saat ini kami belum menemukan korban yang utuh. Kami menemukan potongan besar dan kecil," kata Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri, Kombes Pol Dr.Anton Castilani.

Hal tersebut dia sampaikan saat jumpa pers bersama di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (13/5).

Jika semua korban sudah ditemukan, satu persatu akan dipisahkan sesuai dengan sampel yang dimiliki oleh DVI.

"Saat ini kita punya 45 sampel korban, nanti kita akan melebelnya satu persatu dan mengelompokkan menjadi 45 bagian," tutur Anton.

Bagaimana jika ada korban yang belum ditemukan dalam batas waktu yang telah ditentukan?

"Kalau misalkan ada salah satu keluarga yang tidak ditemukan, kami akan kembali membicarakan hal ini ke Basarnas, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pencarian kedua. Seandainya tidak ketemu juga baru kita akhiri," papar Anton.

Anton berharap keluarga korban bisa memaklumi jika sudah dilakukan pencarian kedua namun masih ada korban yang belum ditemukan. "Saya harap warga bisa mengerti kalau pencarian tidak bisa ditemukan lagi," ujarnya.

Tidak ada komentar: