Minggu, 14 Februari 2010

Mobil Teririt Hasil Karya anak Indonesia mampu menempuh 1000 km/liter!


Kemampuan anak bangsa Indonesia kini semakin mengagumkan saja. Bagaimana tidak, baru-baru ini mahasiswa ITS dari jurusan Teknik Mesin baru saja menemukan sebuah mobil yang bisa berjalan hingga 1000 km hanya dengan menggunakan 1 liter bahan bakar saja!

Ya, ini nyata sobat maniax. Mobil yang diberi nama Sapu Angin I ini awalnya diklaim mampu menempuh hingga 2500 km/liter namun diturunkan menjadi 1000 km/liter.

Ada 2 versi Mobil Sapu Angin buatan anak ITS ini yaitu 
Sapu Angin I dan Sapu Angin II. Jika Sapu Angin I mampu menempuh hingga 1000 km/literSapu Angin II mampu menempuh hingga 300 km/liter yang tentunya bergerak lebih cepat.

Tim pembuat Mobil Sapu Angin ini ada 14 orang dan sudah berdiri sejak Agustus 2009. Tim ini menyatakan bahwa konsep Mobil Sapu Angin ini terinspirasi dari model serupa yang sempat dibuat di Amerika. Mereka juga menyatakan bahwa segala pengumpulan data dan realisasi pengerjaan Mobil ini dikerjakan sendiri.

Mobil Sapu Angin ini disiapkan untuk kontes pembuatan mobil irit Shell Eco-Marathon (SEM) Asia yang digelar 10 juli di Malaysia. Shell Eco-Marathon ini adalah program dari Shell yang menantang para pemuda diseluruh dunia untuk membuat mobil masa depan dengan energi yang sangat minim. Shell baru pertama kali menggelar lomba ini di Asia.

Selain ITS, indonesia juga mengirim beberapa wakil lainnya yaitu : UI 3 tim, ITB 3 tim dan juga UGM 1 tim. Semoga anak-anak Indonesia bisa memberikan Prestasi yang Terbaik di kompetisi ini. Bravo Anak Indonesia!

 Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: