Selasa, 24 November 2009

Lima Kesalahan dalam Berbusana

SEBAGAI perempuan yang memperhatikan penampilan, Anda tentunya ingin selalu tampil bagus dan menarik di setiap kesempatan. Tapi sebelum keinginan itu terwujud, ada lima kesalahan umum dalam berbusana yang harus Anda hindari.

1. Menggunakan rok dan atasan pendek bersamaan
Mungkin Anda pernah melihat beberapa artis seperti Jessica Simpson atau Christina Aguilera mengenakan rok pendek dengan kemeja atau kaos yang pendek pula, dan berpikir Anda akan terlihat sama seksinya dengan mereka.

Sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut, karena memadukan rok mini dengan atasan pendek merupakan salah satu kesalahan berbusana yang cukup fatal, karena bukannya seksi, Anda akan terlihat seperti wanita murahan.

Pasangkan rok mini dengan blus tunik atau atasan yang jatuh di pinggul, tambahkan belt besar sebagai aksen. Sebaliknya, kenakan blus, t-shirt atau kemeja pendek dengan jeans atau rok A-line selutut.

2. Memadukan sepatu besar dan berhak tebal dengan gaun feminin
Gaun bermotif floral yang girlie dan feminin sebaiknya jangan dipasangkan dengan sepatu platform besar dan berhak tebal. Gaun feminin lebih bagus berpasangan dengan sepatu berhak kecil seperti kitten heels atau wedges.

3. Memakai perhiasan berlebihan
Jangan mengenakan anting, kalung funky, beberapa bangles dan beberapa cincin sekaligus. Bukannya terlihat fashionable, Anda akan terlihat seperti toko perhiasan berjalan. Kenakan hanya satu atau dua jenis perhiasan saja, misalnya kalung berantai kecil dan sepasang anting.

Seimbangkan perhiasan yang Anda kenakan, jika memakai anting bulat besar, hindari mengenakan kalung. Cukup permanis penampilan dengan cincin atau gelang rantai kecil. Atau jika ingin memakai beberapa bangles, pasangkan dengan anting kecil berdesain simple.

4. Legging/celana ketat tidak untuk semua orang
Tidak semua tren busana cocok untuk setiap orang, termasuk legging. Sekarang ini, legging sedang menjadi item busana terfavorit. Semua orang, termasuk selebriti banyak terlihat memadukan legging dengan berbagai busana.

Tapi jika tubuh Anda cukup besar di bagian paha dan betis, tidak perlu memaksakan menggunakannya. Material yang digunakan untuk legging dibuat sangat tipis dan ketat menempel pada kulit dan mengikuti bentuk tubuh, sehingga tidak akan cocok dikenakan bagi Anda yang memiliki paha dan betis besar.

Legging yang dipasangkan dengan kemeja panjang atau blus tunik memang terlihat bagus dan fashionable, tapi jika itu tidak cocok untuk Anda, bukannya modis dan menarik, Anda akan dicap sebagai korban mode.

Atau jika Anda ingin tetap mengenakan legging, padukan dengan rok selutut, dress sepanjang betis atau blus kaftan yang longgar. Hindari atasan yang jatuh di atas paha.

5. Tebaran payet dan manik di sana-sini
Untuk acara pesta formil di malam hari, tak ada salahnya jika kita ingin tampil sedikit glamor dengan busana berhiaskan payet, kristal, manik, sekuin atau segala sesuatu yang mencerminkan meriahnya sebuah pesta.

Tapi bukan berarti Anda bisa mengenakannya secara keseluruhan, dari atas sampai bawah. Segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah berakhir baik, termasuk urusan berbusana. Jika Anda menggabungkan gaun berpayet dengan anting chandelier, kalung rantai dan banyak bangles, bukan tampilan glamor yang Anda dapatkan, tapi sebuah fashion disaster.

Glamour bukan berarti perhiasan dan gemerlap di sana-sini, lebih simple akan lebih baik. Jika Anda berniat mengenakan dress halter neck berpayet, jangan tambahkan kalung vintage berhias permata yang berkilauan. Cukup kenakan satu bangles keemasan atau anting mungil. Tambahkan juga clutch berwarna senada dan sepatu warna netral. - vibizlife

Tidak ada komentar: