Rabu, 11 Desember 2013

'Normandy' Adalah Ponsel Android dari Nokia?


 

'Normandy' Adalah Ponsel Android dari Nokia?


TeknoUp.com
Kabar keberadaan ponsel Nokia yang menjalankan sistem operasi Android kembali berhembus. Ponsel Nokia ber-Android itu diyakini memang ada dan sudah beredar di kalangan terbatas. Menurut beberapa sumber yang dilansir The Verge, ponsel ini membawa nama kode Normandy dan sudah diketahui oleh internal Nokia sendiri serta beberapa nama tertentu.
Handset ini kabarnya menjadi langkah Nokia berikutnya pada pasar kelas bawah (low-end). Ponsel Android yang dikembangkan Nokia ini tidak sama seperti ponsel Android pada umumnya, atau mirip seperti yang dikembangkan oleh Amazon. Amazon mengembangkan Android sendiri dimana didalam perangkatnya tidak ada keterkaitan dengan Google, misalnya absennya layanan Play Store dan diganti menjadi toko aplikasi milik Amazon sendiri.
Bulan lalu, akun @evleaks sudah membocorkan perangkat Nokia Normandy. Dari penampilannya, perangkat ini memang bisa jadi adalah ponsel Nokia Android. Meski desainnya bergaya Lumia, ada sedikit yang berbeda. Desain perangkat ini memiliki sebuah tombol kapasitif yang diduga kuat adalah sistem navigasi. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Normandy mendukung aplikasi Android seperti Skype dan aplikasi populer lainnya.
Proses pengembangan Nokia ber-Android dikatakan sudah dimulai ketika Microsoft baru berencana mengakuisisi Nokia. Belum diketahui jelas apakah di rencana tersebut Nokia akan merilisnya sebelum kesepakatan akuisisi selesai, ataukah Microsoft masih akan mengembangkannya.
Sementara itu, dalam laporan yang sama, sumber lain mengungkapkan bahwa karyawan Nokia yang mengembangkan Normandy sudah diberitahu bahwasannya perangkat ini direncanakan meluncur pada 2014. Salah satu sumber menyebut Normandy sebagai "senjata pamungkas" Nokia. Normandy dirancang setara dengan Asha, dimana lini produk tersebut diperuntukan sebagai perangkat murah tradisional yang punya lebih banyak aplikasi.

Tidak ada komentar: