Senin, 07 Desember 2009

Buat Animasi LED Berjalan (Running Led)

Running LED Counter, led berjalan banyak artikel yang dapat dijadikan refrensi untuk membuat animasi-animasi dengan menggunakan led, seperti membuat nama, jam dengan menggunakan led, apalagi untuk saat ini penggunaan led (light emiting diode) sudah semakin menjamur dari lampu permainan anak-anak, untuk rambu-rambu lalu lintas, lampu indikator peralatan elektronik hingga ke industri, bahkan untuk lampu emergency pun banyak yang menggunakan led, dikarenakan komsumsi daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan beragam warna yang ada dapat memperjelas bentuk atau huruf yang akan ditampilkan. dan banyak lagi yang lain, pada kesempatan ini sedikit membahas pembuatan lampu led berjalan atau biasa dikenal dengan running led.

dari gambar rangkaian diatas dapat dilihat penggunaan led, sebagai indikator sedangakan IC4017 diatas merupakan ic yang berfungsi sebagai counternya dengan bantuan clock yang dihasilkan oleh ic timer 555, dimana cepat lambat gerak nyala led itu tergantung dari cepat lambatnya clock yang diahasilkan oleh IC timer tersebut.

Daftar Komponen yang digunakan :
1. IC 4017
2.IC Ne 555
3. Led
4. R 4.7K
5. R 1K
6. VR 100K
7. C 10mf/16V
8. C 100nf
9. Batree

Untuk merubah mode led dari berjajar ke bentuk teks dapat dilakukan dengan menyusun led dengan bentuk teks yang akan di variasikan, hanya saja apa bila led yang hendak dikendalikan atau yang akan menyala pada satu jalur atau line dari IC 4017 perlu dilakukan penambahan rangkaian penguat.
rangkaian penguat disini dapat menggunakan Transistor NPN atau dapat juga menggunakan relay jika beban yang hendak dikendalikan lebih besar.

Tidak ada komentar: