Senin, 11 Januari 2010

Renungan Harian

Duuuhhh… kenapa sih kok susuah banget jadi orang yang rendah hati, baik, dan tidak sombong??”

Kayaknya semua orang terutama anak-anak TUHAN nih pada bermaslah ama hal yang satu ini. Pengennya nih kita dikenal sebagai orang yang nggak egois dan bijaksana bukan sombong atau gampang banget iri hati ama orang lain. Banyak yang bilang kalo sifat itu muncul spontan gitu saja. Begitu ada orang menyinggung harga diri, kita langsung siap-siap ngebela diri dan nggak mengijinkan orang itu menginjak harga diri kita. Jujur aja deh, lama-lama cape juga tuh bersikap kayak gitu. Pengennya nih jadi orang yang panjang sabar dan nggak gampang sakit hati. Tul nggak ?

Semua pasti ada caranya, guys! Masalahnya hal itu nggak bisa didapatkan dengan cara instan. So… artinya harus ada tahapan-tahapan yang negbuat manusia lama kita tuh terkikis abis. Mau ??
Simak deh hal-hal di bawah ini :


1. Berbicara sesedikit mungkin tentang diri sendiri.

Orang lebih senang menjadikan dirinya sebagai pusat pembicaraan. Tul nggak? Makanya banyak orang yang buat sensasi biar dijadikan buah mulut orang-orang disekitarnya. Kita bakal ngerasa dihargai banget. Kadang-kadang kita bakal stress pas menemukan ternyata kehadiran kita tuh kayak biasa-biasa aja. Kalo bisa nggak usah membangga-banggakan diri sendiri dan prestasi yang udah kita capai. Lebih baik orang lain tahu semua itu dari orang lain, saudara, atau siapa saja yang penting bukan dari kita sendiri.


2. Mengurus atau mengerjakan sendiri urusan pribadi.

Meskipun ortu udah ngasih fasilitas pembantu di rumah, bukan berarti kita menggantungkan semua urusan pribadi am dia. Kalo kita bisa ngebersihin kamar sendiri ngapain mesti teriak-teriak ama si mbok yang udah pontang-panting ama pekerjaan rumah dan urusan dapur.


3. Hindari rasa ingin tahu yang berlebihan dan janganlah mencampuri urusan orang lain.

Sebisa mungkin kalo hal itu nggak ada sangkut pautnya ama kita, yaa jangan terlalu ingin mencampurinya. Contohnya nih, tetangga sebelah sedang kehabisan terasi di dapurnya. Trus, kita nggak sengaja denger dari pembantu rumahnya. Kita langsung nyindir “ iihh… beli terasi gopek aja nggak kuat!” Terus langsung aj deh kita menjugde masakanya hari ini pasti nggak enak coz kurang terasi ( padahal belum tentu juga dia masak masakan yang mengandung terasi). Nah…kalo ampe hal ini kedengeran ama tetangga kita, ijamin dia bakal berang he..he..


4. Terimalah pertentangan dengan kegembiraan.

Guys.. satu orang dengan satu atau dua pendapat wajar-wajar aja dong. Tapi gimana kalo 50 orang ada di satu ruangan dan dimintain pendapatnya. Udah jelas ada 50 pendapat kan ? Nah, masalahnya kalo kita nggak bisa menyikapi dan menghargai perbedaan pendapat itu, itu adalah cikal bakal konflik muncul. So.. hargai dan terima aja perbedaan itu.


5. Jangan memusatkan perhatian kepada kesalahan orang lain.

Kalo kita suka nyimpan kesalahan orang, itu sama aja kita menganggap diri kita lebih baik ketimbang orang lain. Padahal jujur aja deh, kita juga sering berbuat salahkan? Dan kita bakal berbahagia banget kalo orang lain memaafkan kesalahan kita. So.. kalo itu baik, kenapa kita nggak melakukan hal yang sama?


6. Terimalah perasaan tidak diperhatikan, dilupakan dan dipandang rendah.

Nggak usah berkecil hati. Kalo manusia nggak bersedia memerhatikan kita, itu sama aja kita ngasih tempat ama Tuhan untuk mengambil alih tempat itu. So.. kalo Tuhan sendiri yang memerhatikan kita, wah dijamin hidup kita bakal lebih baik.


7. Bersikap sopan dan peka, sekalipun seorang memancing amarah kita.



8. Janganlah mencoba agar dikagumi dan dicintai.



9. Bersikaplah mengalah dalam perbedaan pendapat walaupun anda yang benar.


Gmana guys.. patut dicobakan.
Smoga tips ini dapat membantu kita untuk lebih rendah hati.
Seperti kata firman ALLAH :


“..carilah dahulu kerajaan surga, maka semua itu akan kuberikan padamu..”

So.. ga usah deh berharap kita menjadi pusat perhatian atau maunya dibangga-banggakn di dunia ini, yang lebih penting kita lakukan dahulu apa yang Tuhan perintahkan. Dijamin orang-orang akan salut ama kita. Amin..


by: Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: