Minggu, 07 Maret 2010

Membuat program penghitung kata dengan Java Script


Pernahkah anda suatu saat ingin menghitung banyaknya jumlah kata yang terdapat di dalam suatu artikel/naskah/tulisan soft copy yang ada di komputer anda. Beberapa aplikasi teks editor, seperti MS Word memang sudah menyediakan fasilitas untuk menghitung kata (Word Count). Untuk dapat melakukan penghitungan kata dari file teks selain format yang didukung aplikasi tersebut, tentunya anda harus melakukan prosedur Copy and Paste. Untuk jaga-jaga, jikalau terlalu berat untuk membuka aplikasi tersebut atau jika aplikasi tersebut ternayata tidak tersedia, ada baiknya anda membuat sendiri aplikasi penghitung kata dengan Java Script. Selain tidak sulit membuatnya, aplikasi ini sangat kecil (1 KB) dan hanya membutuhkan browser (seperti: Internet Explorer atau Mozilla Firefox) untuk menjalankannya.
Untuk memulai membuatnya, bukalah Notepad kemudian tuliskan source code Java Script seperti berikut:


onClick=”hitung()”>

kemudian simpan dengan memilih [File] > [Save As]. Saat jendela Save As muncul, pada bagian [Save as type:] pilih All files, kemudian ketikan nama file pada bagian [File name:] berikut ekstensi .html dibelakang nama file (misalkan hitung_kata.html).
Kini anda tinggal membuka file hitung_kata.html menggunakan browser kesukaan anda, masukkan teks yang akan dihitung jumlah katanya pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol [Hitung Jumlah Kata] untuk mengetahui jumlah kata pada teks tersebut.
Giealfonsin.blogspot.com

Tidak ada komentar: